06 February 2020, 17:13 WIB

Formula E Tidak Boleh Digelar di Monas, DKI: Tetap On Schedule


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Meski tidak mendapatkan izin pelaksanaan Formula E di area Monumen Nasional (Monas), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menegaskan ajang balap mobil listrik tetap berjalan sesuai jadwal, yakni 6 Juni mendatang.

"Kami lagi koordinasi dengan Kementerian Sekretariat Negara. Ini lagi dirapatkan, mungkin lagi dicari alternatifnya. Kami kebetulan akan on schedule. Trek yang dipakai kan di jalanan. Mudah-mudahan on schedule," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, di Gedung Balai Kota, Jakarta, Kamis (6/2).

Saat ini pihak Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tengah mencari trek alternatif Formula E. Hal ini merupakan buntut dari penolakan Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang diketuai Menteri Sekretaris Negara terkait pelaksanaan Formula E di Monas.

Baca juga: Dituding Potong Anggaran Banjir untuk Formula E, Anies: Ngarang

Cucu menyebut keterlibatan pihaknya dalam ajang balapan Formula E tidak begitu besar. Mereka hanya fokus untuk campaign atau sosialiasi untuk menarik wisatawan.

"Sebenarnya ini bukan di ranah saya. Kami memang terlibat, tapi tidak sejauh itu, secara detail. Kami hanya campaign," kata Cucu

Formula E akan diikuti oleh 24 pembalap yang terbagi dari 12 tim dari berbagai negara. Empat tim di antaranya merupakan tim pabrikan ternama asal Jerman, yakni Porsche, BMW, Audi dan Mercedes-Benz.

Sebelum ajang balapan Formula E digelar, dinas terkait akan melakukan roadshow dengan berbagai kegiatan, termasuk di pusat perbelanjaan. "Ada roadshow di mal. Terus banyak lah jenis-jenisnya (kegiatan) dan rangkaiannya. Mudah-mudahan sebelum puasa sudah bisa jalan," tandasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT