06 February 2020, 15:01 WIB

Prof Dr JB Sumarlin Tutup Usia


Retno Hemawati | Humaniora

Prof. Dr. Johannes Baptista Sumarlin wafar pada 87 tahun pada hari ini, Kamis (6/2). Jenazah akan disemayamkan di rumah duka MRCC Siloam Semanggi, lantai 36 pada pukul 18:00 WIB. Masih dalam rencana JB Sumarlin, demikian beliau dikenal akan dimakamkan di San Diego Hills pada hari Senin, 10 Februari 2020.

JB Sumarlin, lahir di Nglegok, Blitar, Jawa Timur, 7 Desember 1932. Dia merupakan orang yang sangat berjasa bagi Indonesia. Lulusan Universitas Indonesia ini merupakan seorang ekonom Indonesia yang pernah memegang berbagai jabatan pemerintahan penting di bidang ekonomi. Jabatan yang pernah dipegangnya antara lain Ketua BPK, Menteri Keuangan, Ketua Bappenas dan Menag PAN.

Pria penganut agama Katolik itu memainkan peran dan pengabdian sentral pada masa pemerintahan Orde Baru (Orba), khususnya di bidang perekonomian. Sejak 1970 hingga 1998, dia berperan dalam pusat kebijakan ekonomi dan keuangan. Dia salah seorang arsitek ekonomi Indonesia yang ‘dibesarkan’ Widjojo dan ‘diandalkan’ mantan Presiden Soeharto. Tahun 1970 hingga 1973, dia bahkan menduduki jabatan penting yakni sebagai Sekretaris Dewan Moneter. 

JB Sumarlin menikah dengan Theresia Yostiana Soedarmi. Dari pernikahan mereka beroleh lima anak; Ignatius Widyantoko, Sylvia Efie Widyantari, Antonius Widyatma, Fransiskus Widyanata, dan Khristina Widyastuti. (OL-12)

BERITA TERKAIT