06 February 2020, 14:30 WIB

DPRD DKI Dukung Pelarangan Trek Formula E di Monas


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani mengusulkan alternatif trek lain untuk ajang balapan mobil listrik Formula E 2020.

Pasalnya, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang diketuai Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), tidak mengizinkan ajang balapan tersebut diadakan di area Monumen Nasional (Monas).

"Saya rasa (alternatif trek) bisa di sekitar Bundaran HI, sepanjang sudirman itu udah panjang. Kuningan juga sudah panjang (jalannya), oke juga," kata Zita saat dihubungi, Jakarta, Kamis (6/2).

Zita mengatakan bahwa ajang Formula E tetap bisa dilaksanakan. Hanya trek atau sirkuit saja yang harus diubah. Ajang balapan itu akan diadakan pada 6 Juni mendatang.

"Kawasan monas itu ring 1 kan. Nah, misalnya di Paris kan ada menara Eiffel tapi enggak dipake buat balapan juga. Tetep ada Formula E tapi tempatnya enggak di monas. Karena (Monas) itu kan situs penting, bersejarah," ucap Zita

Terpisah, Sekretaris Komisi B DPRD dari Fraksi PDIP, Pandapotan Sinaga berpendapat bisa saja trek Formula E diadakan di kawasan Medan Merdeka Selatan.

"Tapi, kami enggak tahu pastinya. Mau lihat kajian dulu dari mereka. Kalau tidak salah formasi (trek) Formula E yang mau dilewati di lahan aspal. Salah satunya di dalam (Monas), kan luar dalam (treknya) dari Tugu Tani putaran Formula E," jelas Pandapotan. (OL-4)

BERITA TERKAIT