06 February 2020, 13:43 WIB

Pencegahan Karhutla Tidak Perlu Tunggu Kemarau


Andhika prasetyo | Humaniora

MENTERI Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM, Mahfud MD, mengungkapkan pemerintah terus berupaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia.

Dua pekan lalu, pemerintah mengidentifikasi beberapa titik api di Riau. Oleh karena itu, instruksi penanganan dan pencegahan karhutla yang lebih luas telah digulirkan.

"Kami telah perintahkan kepada seluruh instansi untuk melakukan teknik modifikasi cuaca, mengatur ritme hujan di titik-titik api itu," ujar Mahfud di Istana Negara, Kamis (6/2).

Baca juga: Soal Karhutla, Jokowi Akui Pemerintah Lalai

Meski musim hujan diperkirakan masih berlangsung hingga Maret, seluruh pemangku kebijakan harus meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim kemarau.

"Kewaspadaan dan monitoring cuaca tidak perlu menunggu sampai kemarau. Kami sudah upayakan inovasi untuk mempercepat dan mempermudah upaya pencegahan karhutla. Seperti cetak desa mandiri, pengendalian ruang wilayah oleh swasta dan masyarakat pada lahan hutan dan kebun, pembukaan lahan tanpa bakar. Itu semua jadi langkah penting," tandasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT