06 February 2020, 10:24 WIB

14 Warga Sumsel dari Tiongkok Negatif Korona


Dwi Apriani | Nusantara

HINGGA saat ini jumlah warga Sumatra Selatan yang kembali dari Tiongkok mencapai 14 orang. Mereka merupakan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Tiongkok dan juga masyarakat yang tercatat memiliki riwayat berpergian ke Tiongkok. Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Palembang, Nur Purwoko menjelaskan, pihaknya mencatat hingga saat ini terdapat 14 warga Sumsel yang diketahui pulang dari Tiongkok melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Semua yang kembali tersebut dinyatakan negatif dari wabah virus korona. Rinciannya 14 warga Sumsel tersebut terdiri dari 9 mahasiswa yang menempuh pendidikan di Tiongkok, serta 5 orang dengan riwayat bepergian dari Tiongkok.

"Tujuannya pulang ke beberapa daerah di Sumsel. Dan semuanya tercatat datang dari Tiongkok, tapi bukan Kota Wuhan. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, semuanya dinyatakan negatif dari virus korona," kata Nur Purwoko, Kamis (6/2).

Meski begitu, kata dia, pihaknya tetap berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan guna menindaklajuti pemantauan kondisi kesehatan mereka yang baru kembali dari Tiongkok tersebut. Hal itu mengingat masa inkubasi virus korona berkisar hingga 14 hari.

"Kami beri kartu kewaspadaan yang menandakan yang bersangkutan baru saja menjalani perjalanan dari Tiongkok," tambah Nur.

Ia menjelaskan kartu kewaspadaan tersebut juga berfungsi sebagai penanda kesiapsiagaan tenaga medis yang menangani mereka jika datang berobat. Petugas akan langsung tahu jika yang bersangkutan baru melakukan perjalanan dari daerah terjangkit virus korona, dan akan mendapatkan penanganan khusus.

baca juga: Anggota DPR Pertanyakan Alih Fungsi Lahan di Hutan Bowosie

Sementara itu, thermal scanner dan termometer infrared juga sudah dipasang di sejumlah pintu masuk Sumsel. Seperti bandara dan pelabuhan. Langkah tersebut merupakan uapaya kesiapsiagaan Sumsel dalam menghadapi ancaman virus korona. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT