06 February 2020, 09:49 WIB

Wartawan Jadi Korban Konflik Perkebunan di Riau


(RK/N-2) | Nusantara

DUA kelompok terlibat bentrokan, wartawan pun jadi korban. Nahas itu menimpa Indra Yoserizal, wartawan MNC Media, di Kabupaten Pelalawan, Riau, kemarin.

Saat kejadian, korban tengah melakukan liputan di Desa Gondai, Kecamatan Langgam, Pelalawan. Di lapangan, dua kelompok berhadapan, yakni warga Desa Gondai dengan sekelompok petugas keamanan PT Nusa Wana Raya, perusahaan sawit yang dituding menyerobot lahan plasma warga. Korban akan segera melaporkan kejadian itu ke polisi sekaligus meminta perlindungan kepada Dewan Pers. "Saya ditendang, dipukul, dan diseret-seret. Kamera saya juga dirampas dan tidak dikembalikan oleh sekuriti perusahaan," ujar Indra.

Ia menuturkan, saat datang ke lokasi bersama sejumlah rekannya, Indra mendapati bentrokan sudah terjadi. Warga dan sekuriti perusahaan sudah saling lempar batu.

"Ketika itu saya sedang mendokumentasikan peristiwa, berlindung di areal perkebunan. Sudah saya jelaskan saya wartawan, tapi tetap dipukul dan kamera dirampas, dirusak juga," kata Indra.

Juru bicara Polres Pelalawan Iptu Edy mengaku sudah mengetahui peristiwa itu. (RK/N-2)

BERITA TERKAIT