06 February 2020, 11:15 WIB

BMKG Amati Potensi Patahan Sesar di Jakarta


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tengah melakukan proses observasi terhadap potensi adanya patahan atau sesar lempeng bumi di wilayah Jakarta bagian utara.

Observasi itu dilakukan dengan memasang sejumlah alat yang dapat mendeteksi getaran pergerakan lempeng atau mendeteksi adanya getaran gempa sekecil apapun.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut observasi itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap adanya kemungkinan gempa di Jakarta.

"Jadi, ini untuk mencatat adanya gempa sekecil apa pun. Di permukaan bumi mungkin kita tidak merasakan tapi di dasar bumi itu mungkin terjadi gempa dengan skala kecil dan alat itu bisa merasakan dan mencatatnya," ungkap Dwikorita di Jakarta, Rabu (5/2).

Baca juga: Pohon yang Ditebang di Monas Disimpan Sudin Pertamanan Jaktim

Mantan rektor Universitas Gajah Mada itu menjelaskan kejadian gempa memang tidak bisa diprediksi hingga saat ini.

Namun, dengan observasi itu, diharapkan dapat diperoleh data mengenai pola gempa yang terjadi sehingga pemerintah dapat mengantisipasi.

"Meski belum tentu benar ya ada atau tidak. Makanya kita ingin periksa. Dengan pemeriksaan ini nanti kita dapat data dan kita bisa lihat polanya. Kita ini kan memang lembaga negara yang mesti punya kecemasan dan kecurigaan tingkat ekstrem supaya bisa mengantisipasi bencana ke depan," tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT