05 February 2020, 23:42 WIB

Program Corporate University Kemenkumham Siap Lahirkan SDM Unggul


Ghani Nurcahyadi | Nusantara

DIVISI Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bangka Belitung menyelenggarakan kegiatan penguatan Tim Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Ruang Serba Guna Rupbasan Kelas II Pangkalpinang, di Kota Pangkal Pinang, bangka Belitung, Rabu (5/2)

Kapala Divisi Pemasyarakatan Bangka Belitung Yudi Suseno mengatakan, pihaknya siap mengembangkan Corporate University (Corpu), yang mengacu pada program pengembangan SDM (sumber daya manusia) secara terarah dan sistematis.

Hal itu sesuai dengan visi Kemenkumham untuk meningkatkan kualitas SDM agar adaptif terhadap teknologi digital.

"Corporate University sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, membantu instansi mencapai visi dan misinya. Secara garis besar pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, dan tranformasi ekonomi jadi fondasi utama Corpu ini," ujar Yudi di hadapan seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan Se-Bangka Belitung, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Rupbasan Pangkalpinang Mulai Bertransformasi ke Birokrasi 4.0

Yudi menjelaskan di tahun ini, SDM Kementerian Hukum dan HAM harus mampu bertransformasi menjadi 'SDM Digital'. Itu berarti Corpu Kemenkumham memiliki pekerjaan rumah untuk mengembangkan dan menerapkan sistem e-Goverment dalam rangka mewujudkan good governance.

"Caranya banyak. Mulai dari implementasi Kementerian Hukum Dan HAM Corporate University, meningkatkan akses layanan Hukum dan Hak Asasi Manusia, hingga menjadi role model dan memberikan kinerja terbaik kepada organisasi guna meningkatkan satuan kerja berpredikat WBK/WBBM," kata Yudi tegas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Rupbasan Kelas II Pangkalpinang Andri Ferly mengatakan, digitalisasi sistem sudah dilakukan secara bertahap. Harapannya, sistem baru tersebut mendukung tercapainya visi Smart ASN sesuai dengan capaian suksesi resolusi pemasyarakatan 2020.

"Resolusi kami, ASN pemasyarakatan memiliki 'paket lengkap' profil Smart ASN yang berintegritas, nasionalis, profesional, berwawasan global, menguasai IT dan bahasa asing, berjiwa hospitality, berjiwa enterpreneurship, serta memiliki jaringan luas," ucap Ferly. (OL-7)

BERITA TERKAIT