05 February 2020, 19:28 WIB

Inspektorat DKI Bakal Audit Proyek Revitalisasi Monas


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

INSPEKTORAT DKI Jakarta berencana untuk melakukan audit terhadap proyek revitalisais Monumen Nasional (Monas) yang memicu kontroversi. Namun, Kepala Inspektorat DKI Jakarta Michael Rolandi menegaskan, audit tersebut hanyalah audit ruitn untuk laporan pertanggungjawaban keuangan APBD 2019.

"Ini hanya pemeriksaan rutin saja. Kita kan periksa proyek rutin untuk laporan keuangan 2019. Hanya untuk memastikan saja. Kan kita di Inspektorat kan sepanjang tahun melaksanakan 'probity audit," ungkap Michael di Kemensetneg, Rabu (5/2).

Saat ini, lanjut Michael, pihaknya sedang mengumpulkan dokumen yang terkait dengan proyek itu.

Baca juga : UPT Monas: Pohon Ditebang Diganti Tiga Kali Lipat

Ia memastikan akan memeriksa kesesuaian antara pelaksanaan di lapangan dengan spesifikasi yang diminta saat lelang pengadaan barang dan jasa, kesesuaian dengan yang tertera dalam dokumen perencanaan, serta desain yang dihasilkan melalui proses sayembara.

"Saya belum ketemu timnya. Kan timnya lagi melakukan pengumpulan bahan-bahan. Kalau kita kan membandingkan antara kriteria sama yang dilaksanakan di lapangan," ungkapnya.

Pemeriksaan awal akan dilakukan Pada Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Citata) DKI sebagai SKPD pemegang proyek.

Sementara itu, proyek revitalisasi Monas kini telah sepenuhnya berhenti. Tidak ada pembangunan fisik di proyek yang mengorbankan 191 pohon besar itu. (OL-7)

BERITA TERKAIT