05 February 2020, 18:25 WIB

Pemkot Depok Incar Pembuang Sampah Sembarangan


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Depok mengaku kesulitan mengatasi tumpukan sampah yang bertebaran di beberapa ruas jalan di sana. Warga yang tidak bertanggungjawab membuang sampah sembarangan di beberapa lokasi

Agar sampah tidak makin meluber, mencemari dan membuat wajah Kota Depok kumuh, Pemkot Depok kembali menggalakkan operasi tangkap tangan (OTT) kepada warga yang kedapatan buang sampah di ruas jalan, kali, setu dan drainase lingkungan.

"Kami akan galakkan kembali OTT. Kalau tertangkap, foto orangnya. Fotonya di pampang dalam bentuk spanduk dan baliho. Ini pilihan maksimal, biar ada efek jera bagi yang suka buang sampah sembarangan," kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Keersihan (DLHK) Kota Depok, Ridwan di kantornya, Rabu (5/2).

Dengan cara seperti di atas, lanjut Ridwan, semua pihak dengan sendirinya terdorong menjaga kebersihan di ruas jalan, kali dan drainase lingkungan.

Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, menurut Ridwan, belum merata. Buktinya, masih banyak orang yang sesukanya membuang sampah tidak pada tempatnya.

Ridwan mengatakan, petugas kebersian selalu main kejar-kejaran dengan orang yang membuang sampah sembarangan.

"Kadang-kadang mereka datang naik motor, naik mobil buang sampah sembarangan, " ujarnya.

Selain memampang foto pembuang sampah, menurut Ridwan, pihaknya akan menerapkan langsung tindak pidana ringan (Tipiring) dan denda. Sanksi sosial juga diterapkan.

"Kita akan pampang foto-Foto mereka dalam bentuk spanduk dan baliho. Ini sanksi sosial harus kita terapkan," Ridwan menambahkan.

Sementara, terkait kerjasama Provinsi Jawa Barat dengan Kabupaten Bogor, Bogor Kota, Kota Depok dan Tangerang Selatan untuk rencana pembuangan sampah empat daerah ke TPPAS Nambo, Ridwan mengaku sedang berproses. "Kerjasama jalan terus, kita sedang menunggu realisasinya, kalau bisa tahun ini terlaksana," harapnya. (OL-13)


Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok M. Ridwan

BERITA TERKAIT