05 February 2020, 17:20 WIB

Pekan Depan, Jl Sumur Bor-Utan Jati Berlaku Satu Arah


Selamat Saragih | Megapolitan

SUKU Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat akan melakukan uji coba Sistem Satu Arah (SSA) pada ruas Jl Sumur Bor - Jl Utan Jati, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Kepala Sudinhub Jakarta Barat, Erwansyah, menjelaskan, rencana pemberlakuan uji coba mulai diterapkan pada Selasa, 11 Februari 2020 sejak pukul 06.00 WIB.

"Nanti tanggal 11 Februari, Selasa kita apel semuanya yang terlibat termasuk dengan satlantas, mulai dari pagi ya," kata Erwansyah, di Jakarta, Rabu (5/2).

Erwan panggilan akrab Erwansyah menjelaskan, alasan ruas jalan itu diberlakukan SSA karena kondisi lalu lintasnya sering macet, baik pagi, siang dan sore harinya.

Alasan lainnya mengingat kondisi jalan di kawasan tersebut memang cukup sempit dan padat. Hal ini membuat antrean kendaraan memanjang hingga Jl Daan Mogot.

Belum lagi pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore, volume kendaraan meningkat.

Kebijakan ini, menurut Erwan, sudah mendapat dukungan dari berbagai pihak dari Kelurahan Cengkareng dan Kelurahan Kalideres, pihak kecamatan hingga Satlantas Jakarta Barat.

"Kita sudah rapat dengan instansi terkait, dengan lurah, camat, termasuk Transjakarta, karena di situ kan ada dua Jak Lingko yang lewat. Setuju sih mereka, (Jak Lingko) meski ada penambahan kilometer akibatnya," ujar Erwan.

Nantinya SSA itu diterapkan dari ujung Jl Sumur Bor yang berbatasan dengan Jl Daan Mogot. Dari jalan itulah diberlakukan satu arah menuju Jl Utan Jati.

Sebaliknya, lanjut Erwan, kendaraan dari arah Jl Utan Jati yang hendak ke Jl Daan Mogot akan dialihkan masuk ke dalam perumahan Daan Mogot. Setelah itu, kendaraan akan ke luar menuju Jl Raya Daan Mogot. (OL-13)

BERITA TERKAIT