05 February 2020, 14:55 WIB

Pemerintah Siapkan Tim Terpadu Atasi Stunting di 160 Kabupaten


Emir Chairullah, Indriyani Astuti | Humaniora

PEMERINTAH segera membentuk tim terpadu untuk mengatasi problem stunting (kekerdilan) yang angka kasusnya masih memprihatinkan. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menyebutkan pemerintah juga bakal memberikan sanksi terhadap pemerintah daerah maupun instansi yang tidak menjalankan program yang akan ditetapkan.

“Kita akan bentuk 10 tim terpadu untuk 160 kabupaten yang masuk kategori merah atau penyumbang angka stunting terbesar. Kita akan siapkan reward dan punishment-nya,” kata Tito usai menemui Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, di Kantor Wapres, Rabu (5/2).

Baca juga: KLHK Intensifkan Tanam Pohon untuk Pulihkan Bekas Lahan Longsor

Ia menyebutkan, masing-masing tim akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan 16 kementerian/lembaga di tingkat pusat. Mereka akan membuat rencana konkret mengenai target dan waktu menjalankan program tersebut. 

“Kerja tim ini akan dievaluasi sehingga kelihatan siapa yang kerja dan yang tidak,” tegasnya.

Disebutkan, program untuk mengatasi masalah stunting ini akan dibuat pemerintah pusat. “Program ini kemudian disinkronkan dengan pemerintah daerah termasuk berapa anggaran yang harus disiapkan daerah,” ujarnya.

Ketika ditanya apakah masalah tingginya angka stunting akibat kelalaian pemerintah, menurut Tito, pemda tidak bisa disalahkan sepenuhnya. Walaupun pemda sudah dianggarkan pemda, ternyata programnya tumpang tindih dengan program yang digagas K/L. 

“Karena itu perlu ada rapat lebih besar. Wapres akan mengundang kita untuk membahas hal ini,” ungkapnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT