05 February 2020, 14:38 WIB

Masih Banyak Gedung Sekolah di Tasikmalaya Rusak


Kristiadi | Nusantara

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, hingga saat ini belum melakukan tahapan perbaikan ruangan kelas Sekolah Dasar di 351 desa yang tersebar di 39 kecamatan. Kerusakan tersebut terjadi di SDN 3 Cigorowong di Kampung Sukamaju, Desa Sukamukti, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

"Kami telah malaporkan kerusakan sekolah di SDN 3 Cigorowong berjumlah empat ruangan dan dua ruang kelas mengalami kerusakan terpaksa harus ditopang menggunakan tiang bambu agar tetap bisa berdiri. Sementara, dua kelas lainnya rusak pada bagian atap akibat tertimpa pohon tumbang," kata Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Cisayong, Tatang Warta, Rabu (5/2).

Tatang menambahkan proses rehabilitasi harus melewati beberapa tahapan dan dilakukannya sesuai data pokok pendidikan (dapodik) yang dibuat pihak sekolah. Namun, jika dinilai perlu direhabilitasi harus adanya petugas terutama yang melakukan survei ke lokasi sekolah tapi sekarang tinggal menunggu realisasinya dari dinas pendidikan meskipun kondisi sebagian bangunan sudah tidak layak digunakan.

"Lantaran tidak ada tempat lagi, dua ruangan itu terpaksa masih tetap digunakan kegiatan belajar mengajar (KBM). Hingga sekolah dan warga selama itu sudah berinisiatif dengan memasang tiang bambu di ruang kelas. Akan tetapi, pemasangan yang dilakukannya sudah berpotensi roboh dan untuk meminimaslir potensi buruk. Tetapi mengingatkan para guru dan siswa terus waspada jika hujan turun," ujarnya.

baca juga: Kartu Tani Bisa Untuk Menebus Pupuk Bersubsidi

Tatang mengungkapkan, pihaknya meminta agar sekolah untuk mencari alternatif supaya mendapatkan bangunan lain jika kondisi kelas semakin mengkhawatirkan. Namun, proses KBM bisa saja dipindah ke madrasah yang ada di lingkungan sekitar dan agar kepala sekolah untuk tetap berkoordinasi dengan komite dan warga supaya kejadian tersebut tidak terjadi terutama menimpa siswa.

"Jadi kalau sudah tidak bisa dipakai lagi bisa pindah ke madrasah. Dan berharap pemerintah dapat memprioritaskan perbaikan SD Negeri 3 Cigorowong. Paling tidak tahun ini sudah bisa direhabilitasi," harapnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT