05 February 2020, 07:34 WIB

Sopir Turis Asal Tiongkok di Thailand Positif Virus Korona


Basuki Eka Purnama | Internasional

DUA sopir Thailand yang mengantarkan turis asal Tiongkok merupakan bagian dari enam kasus baru virus korona di negara Asia Tenggara itu sehingga jumlah kasus virus asal Wuhan, Tiongkok itu di negara kerajaan itu menjadi 25 orang

Sepasang suami istri yang baru saja kembali dari Jepang dan dua turis asal Tiongkok mengengkapo kasus baru di Thailand.

Thailand tengah berusaha menyeimbangkan antara krisis kesehatan dengan bisnis pariwisata menguntungkan yang menarik lebih dari 10 juta turis asal Tiongkok setiap tahunnya.

Baca juga: Wabah Virus Ikut Sebarkan Rasisme

Penambahan jumlah pengidap virus korona di Thailand menyebabkan negara itu menjadi negara dengan kasus terbanyak di luar Tiongkok tempat lebih dari 400 orang tewas sejak wabah virus itu merebak di Wuhan pada Desember lalu.

Di antara 25 kasus virus korona di Thailand, tiga di antaranya adalah para sopir yang mengantarkan turis asal Tiongkok.

"Salah seorang sopir itu menjempu seorang turis yang sakit asal Hua Hin," ujar Suwanchai Wattanayingcharoenchai, juru bicara departemen pengendalian penyakit Thailand.

Seorang turis asal Korea Selatan juga positif virus korona namun tidak diketahui dimana turis itu tertular virus tersebut.

Hingga kini, delapan pasien telah sembuh dan diizinkan pulang sementara 17 lainnya masih dirawat di rumah sakit. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT