05 February 2020, 06:59 WIB

Turunkan Bocah-Bocah, Liverpool ke Perempat Final Piala FA


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Sepak Bola

LIVERPOOL yang menurunkan pemain muda mampu mengungguli Shrewsbury Town via gol bunuh diri lawan dengan skor 1-0 dalam laga ulangan putaran keempat Piala FA, Rabu (5/2) dini hari WIB.

Bermain di Anfield, Liverpool tidak mampu mencetak gol dan kemenangannya harus dibantu gol bunuh diri bek Shrewsbury Ro-Shaun Williams di pertengahan babak kedua.

Dengan usia rata-rata 19 tahun dan 102 hari, serta tiga debutan, ini adalah tim yang sangat tidak berpengalaman di tingkat mana pun.

Setidaknya ada beberapa perwakilan tim utama dalam pertandingan seperti James Milner, yang datang ke Anfield untuk menyemangati tim muda Liverpool itu.

Adapun pasukan muda The Reds tetap mampu mendominasi jalannya pertandingan.

Baca juga: Guardiola Akui tidak Mungkin Mengejar Liverpool

Di lima menit awal, publik Anfield langsung dibuat berdiri setelah Harvey Elliott mengirimkan umpan silang ke kotak penalti Shrewsbury. Sayangnya, umpan tersebut bisa dipotong pemain tim tamu.

Terus menekan tidak membuat penyerang Liverpool bisa menembus pertahanan kokoh Shrewsbury. Hingga menit ke-30, Liverpool hanya bisa memutar-mutar bola tanpa memiliki peluang mencetak gol yang berbahaya.

Hal ini disebabkan lini pertahanan Shrewsbury yang terkoordinasi dengan baik sehingga menyulitkan Liverpool memperoleh peluang.

Kans Liverpool untuk bisa mendapatkan gol hadir pada menit ke-35.

Upaya Neco Williams berhasil mengirimkan bola rendah ke dekat gawang Shrewsbury. Sayangnya, tidak ada pemain Liverpool lain yang menyambut bola tersebut.

Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata.

Di babak kedua, Liverpool kembali memberikan serangan hebat ke tim tamu.

Di menit-53, umpan silang Williams mampu dimanfaatkan Elliot. Namun, tendangan Elliot masih bisa digagalkan kiper Shrewsbury Max O'Leary.

Terus menekan membuat pertahanan Shrewsbury mulai kehilangan konsentrasi. Adalah bek Ro-Shaun Williams melakukan bunuh diri saat mencoba menghalau umpan spekulatif yang dilayangkan Williams di menit ke-75.

Berkat gol bunuh diri tersebut, Liverpool memimpin 1-0 dan skor bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak kedua.

Liverpool akan menghadapi Chelsea di putaran kelima Piala FA setelah menang tipis atas Shrewsbury.

Bos Liverpool U-23 Neil Critchley mengatakan kedewasaan yang ditunjukkan anak-anak mudanya saat pertandingan di luar ekspetasimya.

Ia melihat Elliot dkk memiliki peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol. Meski kemenangan harus melalui gol bunuh diri, Critchley merasa pantas mendapatkannya.

Sementara pelatih Shrewsbury, Sam Ricketts mengaku skuadnya bermain terlalu datar. Hal itu karena timnya memainkan begitu banyak pertandingan.

"Ini adalah pertandingan kami yang ke-39 musim ini, dan kami tampak seperti tim yang tidak mampu memulai laga. Liverpool menggerakkan bola dengan sangat baik. Mereka cerdas, lincah dan bermain dengan baik," ujarnya.

"Kami hanya tidak melakukannya. Anda tidak bisa bermain dengan 95 persen. "Kami memiliki mantra setelah babak pertama di mana kami memiliki gol yang dianulir, mengajukan beberapa pertanyaan, tapi kami terlalu pasif," tambahnya. (skysports/OL-1)

BERITA TERKAIT