05 February 2020, 06:40 WIB

Mulai Hari Ini, Penerbangan ke Tiongkok Dihentikan


Nur Azizah | Politik dan Hukum

PEMERINTAH menghentikan sementara penerbangan ke Tiongkok mulai hari ini, Rabu (5/2). Kebijakan itu mengantisipasi penyebaran virus korona.

"Penerbangan dari Indonesia ke Tiongkok sementara dihentikan dan dikeluarkan kebijakan terkait keimigrasian lainnya," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (4/2).

Tidak hanya itu, Pemerintah juga mengawasi warga negara asing (WNA) asal Tiongkok di Indonesia. Mereka diminta memperpanjang visa tinggal selama satu bulan agar tidak pulang ke Tiongkok.

Baca juga: Wabah Virus Ikut Sebarkan Rasisme

"Mereka yang dari Tiongkok akan dibatasi singgah ke Indonesia. Pemerintah akan memfasilitasi perpanjangan visa overstay sampai overstay satu bulan," ungkap dia.

WNA asal Tiongkok dimonitor setiap dua pekan selama Februari. Kebijakan lainnya, pemerintah akan memberikan tarif khusus bagi wisatawan asing yang pergi ke Bali, Batam, Bintan, dan Manado.

"Karena ada penurunan jumlah wisata, akan diperhitungkan diberi tarif khusus, akan dihitung dan dorong konvensi mice (agenda internasional) dalam negeri untuk diselenggarakan di daerah pariwisata agar turis domestik meningkat," pungkas Airlangga. (OL-1)

BERITA TERKAIT