05 February 2020, 07:30 WIB

Wabah Korona, Harga Masker N95 Meroket Hingga Rp2 Juta per Pak


Zaenal Arifin | Humaniora

MASKER jenis N95 sulit ditemukan di pasaran, khususnya di Pasar Pramuka, Matraman, Jakarta Timur. Jika pun ada, harga masker itu terkampau mahal.

"Sekarang barangnya sangat langka. Hari ini dijual Rp2 juta per pak," ucap seorang penjaga toko obat-obatan dan peralatan kesehatan, Eko, 24, di lokasi, Selasa (4/2).

Menurut dia, harga masker N95 per boks awalnya hanya Rp200 ribu. Namun, harganya mulai meroket sejak seminggu yang lalu.

"Awalnya naik Rp500 ribu, terus Rp1 juta, kemarin Rp1,5 juta, sekarang Rp2 juta," kata dia.

Baca juga: Gejala Virus Korona Mirip Influenza

Kelangkaan masker itu karena merebaknya virus korona (2019-nCov) dari Tiongkok. Patogen penyebab penyakit mirip infeksi saluran pernapasan berat (SARS) itu mulai menyebar ke beberapa negara.

Eko menyebut banyak masyarakat mengenakan masker sejak pemberitaan mengenai virus yang belum ditemukan obat dan vaksinnya itu merebak. Ada pula sebagian pembeli yang menjual kembali masker N95 secara eceran.

"Satu boks isinya 20 buah. Jadi mungkin kalau mau dijual ketengan satunya bisa lebih dari Rp100 ribu," tutur Eko.

Pantauan di lokasi, geliat jual beli di Pasar Pramuka masih cukup ramai hingga sore ini. Banyak dari masyarakat yang menanyakan masker N95 kepada para penjual peralatan medis. (OL-1)

BERITA TERKAIT