04 February 2020, 22:54 WIB

PT LIB tak Patok Jumlah Pemain U-23 di Klub Peserta Liga 1 2020


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

DIREKTUR PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri mengatakan, Liga 1 2020 tak ada lagi kuota untuk pemain usia dibawah 23 tahun (U-23) di klub. Pada musim lalu, LIB mengharuskan klub mendaftarkan 7 pemain U-23 di setiap klub.

"Untuk pemain U-23 diwajibkan 7 tujuh orang pemain, ini untuk tahun sekarang tidak ada. Jadi, klub bebas mendaftarkan pemain," kata Cucu, ketika ditemui di kantor LIB, Jakarta, Selasa (4/2).

Berkaca pada musim lalu, Cucu mengatakan tujuh pemain yang didaftarkan tak memiliki jam terbang yang cukup dan lebih banyak menjadi penghias bangku cadangan. Agar pemain berusia U-23 itu bisa tampil maksimal, maka LIB akan menggelar Liga 1 U-23 dan Elite Pro Academy U-20.

"Kami beri wadahnya sehingga mereka dapat bermain lebih," kata Cucu.

Baca juga : Persija Datangkan Gelandang Brasil

Sedangkan untuk jumlah pemain, Cucu mengatakan pada musim ini ada penambahan yang dulunya 30 menjadi 33 pemain. Lalu, untuk klub yang berlaga di Piala AFC, yakni Bali United, Persebaya, dan PSM Makassar menjadi 36 pemain.

"Ini untuk mengakomodasi mereka yang main di Piala AFC," kata Cucu.

Seperti diketahui, Liga 1 2020 akan dimulai pada 29 Februari dengan laga pembuka Persebaya melawan Persik Kediri di Surabaya.

"Awalnya juara Liga 1, Bali United melawan promosi Liga 1, Persik Kediri. Tapi, Bali United menolak karena berlaga di Piala AFC dan kami putuskan peringkat 2 Persebaya yang memulai kickoff," kata Cucu. (OL-7)

BERITA TERKAIT