05 February 2020, 00:45 WIB

Aplikasi Demokrat Bermasalah Hasil Kaukus Iowa Tertunda


(BBC/Nur/I-1) | Internasional

HASIL Kaukus Iowa, yang merupakan pemungutan suara pertama untuk memilih kandidat dari Partai Demokrat yang akan berhadapan dengan Donald Trump, mengalami kekacauan karena masalah teknologi.

Partai Demokrat mengatakan bahwa pihaknya telah menemukan 'ketidakkonsistenan'. Itu kemudian menegaskan penundaan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Untuk diketahui, para pemilih berkumpul di 1.600 lebih lokasi seperti di sekolah, perpustakaan, dan gereja di 99 wilayah, Senin (3/2). Dengan tidak adanya hasil pemungutan suara yang resmi itu, para kandidat mulai mengeluarkan hasil akhir versi mereka sendiri.

Senator Bernie Sanders mengklaim kemenangan atas dirinya. Itu mengutip data kampanye internal yang menempatkannya di atas mantan Wali Kota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg. Sementara itu, Buttigieg mengatakan bahwa kampanyenya akan berlanjut ke New Hampshire.

Sebagai informasi, untuk pertama kalinya di tahun ini, Demokrat Iowa diminta untuk melaporkan tiga angka ke kantor pusat partai, selain total delegasi akhir. Hasil akhir pemungutan suara Kaukus Iowa masih belum jelas kapan akan dirilis.

"Kami menemukan ketidakkonsistenan dalam pelaporan tiga kumpulan hasil," kata juru bicara Partai Demokrat Iowa, Mandy McClure, seperti dikutip dari BBC, Selasa (4/2).

Menurutnya, itu hanya masalah pelaporan, tidak diretas. "Jejak data dan kertas yang mendasarinya bagus dan hanya perlu waktu melaporkan hasilnya lebih lanjut," sambungnya.

Pernyataan McClure bertentangan dengan pejabat partai di tingkat daerah mengenai keterlambatan hasil pemungutan suara di Iowa. Pejabat partai di daerah justru mengatakan masalah teknologilah penyebab keterlambatan hasil akhir di Iowa.

Mereka mengatakan aplikasi yang digunakan tidak berfungsi, saluran teleponnya macet dengan cepat, untuk melaporkan hasil pemungutan suara. Ketua Partai Demokrat di Scott County, Elesha Gayman, mengatakan banyak pejabat mengalami masalah dalam melaporkan hasil. Hanya satu pemimpin yang melaporkan melalui aplikasi itu.

Ketua Dallas County, Bryce Smith, juga mengatakan bahwa aplikasi bermasalah. Wakil Ketua Demokrat di Black Hawk, Nate Gruber, mengatakan dia juga tidak bisa menggunakan aplikasi itu.

Panggilan ke hotline Partai Demokrat Iowa memiliki pesan rekaman yang sama. "Semua operator kami sedang sibuk," bunyi pesan rekaman tersebut. (BBC/Nur/I-1)

BERITA TERKAIT