04 February 2020, 20:05 WIB

GOR UNJ Ramah Disabilitas


Antara | Olahraga

UNIVERSITAS Negeri Jakarta (UNJ) meresmikan Gedung Olahraga (GOR) yang dibangun oleh PT Amarta Karya (Persero), BUMN yang bergerak di bidang konstruksi. Sebelumnya gedung ini telah melakukan Groundbreaking pada 18 Juni 2019 silam dan PT Amarta Karya (Persero) mampu menyelesaikan Pembangunan GOR UNJ ini hanya dalam waktu 6 bulan.

Peresmian GOR ini dihadiri oleh Rektor UNJ, Prof Intan Ahmad, Ph. D beserta jajarannya, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Jend (purn) Dr Wiranto selaku Dewan Penyantun, serta beberapa pejabat tinggi pemerintahan lainnya. Acara ini juga dihadiri oleh para alumni IKIP, FKIP, atau sekarang yang dikenal dengan Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) UNJ, Minggu (2/2).

Abdul Sukur, Dekan FIO UNJ menyampaikan bahwa pembangunan GOR ini merupakan wujud dari peran FIO sendiri yaitu untuk memajukan olahraga nasional. FIO UNJ telah melahirkan banyak atlet berbakat nasional yang telah dikenal juga di mancanegara.

"Terwujudnya GOR ini menjadi momentum bagi UNJ untuk memajukan mahasiswanya dan memotivasi untuk terus maju menciptakan atlet terbaik," kata Abdul Sukur, Selasa (4/2).

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam sambutannya  mengatakan sejumlah harapan agar GOR UNJ dapat dipergunakan dengan baik. Terdapat tiga poin yang disampaikan, yaitu pemeliharaan fasilitas yang diharapkan untuk terus terjaga, penggunaan fasilitas semaksimal mungkin, dan menjadikan GOR sebagai tempat untuk mencapai prestasi dengan target yang maksimal.

GOR UNJ berdiri di atas lahan 56x60m² dengan lahan parkir yang terhitung cukup luas untuk menampung 60 mobil serta ratusan mobil di sisi luar gedung. GOR ini dilengkapi dengan peralatan standar internasional.

Fasilitas yang disediakan oleh GOR ini cukup lengkap yaitu ruang gim, ruang angkat beban, fasilitas endless pool, ruang sauna, serta kolam sauna. Lapangan dari GOR memiliki spesifikasi berkualitas internasional yang diimpor dari Eropa.

Selain menunjang kegiatan olahraga, GOR ini juga dilengkapi dengan fasilitas ruang kelas, ruang multimedia, dan ruang laboratorium untuk kebutuhan mahasiswa FIO UNJ.

Selain itu, GOR tersebut juga dilengkapi dengan kursi tribun yang cukup untuk menampung 1.500 orang. GOR UNJ juga dinilai sebagai GOR ramah disabilitas yang dibuktikan dengan drop off khusus, lift, serta toilet yang diperuntukkan khusus untuk para penyandang difabel. (OL-13)

BERITA TERKAIT