04 February 2020, 19:29 WIB

Dubes Tiongkok Ingatkan Dampak Penghentian Impor Mamin


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

DUTA Besar (Dubes) Tiongkok untuk Indonesia, Xiao Qian, mengatakan sudah mengetahui rencana pemerintah Indonesia untuk moratorium impor produk makanan dan minuman (mamin) dari Tiongkok.

Seperti diberitakan, Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, menyebut akan menghentikan sementara proses impor produk mamin dari Tiongkok ke Indonesia. Langkah ini diambil terkait penyebaran virus korona yang semakin mengkhawatirkan.

"Saya juga membaca berita pemerintah Indonesia akan menghentikan impor makanan dan minuman dari Tiongkok, untuk menjaga virus korona tidak masuk ke Indonesia," ujar Xiao dalam konferensi pers di Kedubes Tiongkok di Jakarta, Selasa (4/2).

"Kami memberikan concern terhadap tindakan yang diberitakan. Sejauh ini, belum ada bukti virus korona dapat ditularkan lewat barang impor," terangnya.

Baca juga: Tiongkok Diserang Korona, Presiden: Ada Peluang Ekspor

Menurutnya, jika pemerintah Indonesia melakukan moratorium impor produk dari Tiongkok, dampaknya akan negatif. Kebijakan itu dinilai merugikan hubungan perdagangan antara kedua negara dan kerja sama di masa mendatang. Serta, membawa akibat tidak diinginkan bagi kedua negara.

"Tiongkok dan Indonesia adalah sahabat dan tetangga yang baik. Kami berharap pihak Indonesia bisa memandang wabah ini. Tindakan penanggulangan dan pecegahan yang diambil Tiongkok secara objektif, rasional dan ilmiah dan mematuhi saran WHO," pungkas Xiao.

Dia pun merujuk pandangan WHO yang tidak menyarankan pembatasan perjalanan dan perdagangan terhadap Tiongkok. Sekalipun wabah virus korona dinyatakan sebagai keadaan darurat kesehatan global.

Kedutaan, lanjut dia, juga sudah mengetahui langkah pemerintah Indonesia yang mengumumkan beberapa tindakan pembatasan penerbangan. Dia berharap negara manapun dapat mengambil tindakan pencegahan yang masuk akal.(OL-11)

BERITA TERKAIT