04 February 2020, 18:31 WIB

Indonesia Larang Impor Hewan Hidup dari Tiongkok


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan Indonesia akan membatasi impor produk hewan hidup dari Tiongkok untuk mencegah masuknya virus korona

"Ini kan transmisi penyakitnya melalui manusia ke manusia dan dari hewan ke manusia, jadi itu yang kita larang. Kalau ada yang sekarang sudah dikirim ke Indonesia, kita akan kembalikan," ujar Airlangga di Istana Bogor, Jakarta, Selasa (4/2).

Adapun, untuk produk-produk lain seperti makanan dan minuman termasuk buah-buahan dan sayur-sayuran tidak akan dikenai larangan.

"Karena produk-produk itu tidak terkait dengan penularan jadi perdagangan akan terus berlanjut," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengungkapkan peraturan tersebut akan segera berlaku dengan berlandaskan peraturan menteri perdagangan.

"Durasinya nanti akan dievaluasi kembali. Ini sifatnya hanya sementara, tidak selamanya," tutur Agus.

Adapun, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pemerintah memang tidak akan melarang impor produk buah dan sayur dari Tiongkok. Tetapi pemerintah akan melakukan pemeriksaan intensif terkait barang-barang yang didatangkan dari negara tersebut.

Lebih jauh lagi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi secara teknis mengatakan, nantinya, pesawat-pesawat kargo yang datang dari Negeri Tirai Bambu akan diperlakukan secara khusus di bandara-bandara Tanah Air.

"Karena pada dasarnya, barang itu tidak ada masalah jadi yang kita akan finalisasikan itu barang tetap bisa jalan. Tetapi awak pesawat itu tidak boleh turun," jelas Budi. (OL-2)

BERITA TERKAIT