04 February 2020, 17:02 WIB

Sukseskan PON, Pusat dan Daerah Harus Bersinergi


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

KETUA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, meminta pemerintah pusat bersama dengan pemerintah provinsi bersinergi untuk mensukseskan Pekan Olahraga Nasioanal (PON) dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) di Papua.

"Dari hasil rapat gabungan antara pemerintah dengan Komisi I, Komisi II, Komisi III dan Komisi X, kami menyimpulkan DPR RI berkomitmen untuk mensukseskan penyelenggaraan PON ke-20 dan Peparnas ke-16 di Provinsi Papua. Yang meliputi sukses administrasi, sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi," kata Puan di Kompleks Parlemen, Selasa (4/2).

Guna mensukseskan pesta olahraga tersebut, DPR meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk melakukan percepatan persiapan.

Baca juga: Arena PON Papua Ditarget Rampung Juli 2020

"DPR mendesak pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk bekerja keras mensukseskan PON ke-XX dan Peparnas ke-16, khususnya dalam hal keamanan, percepatan penyelesaian pembangunan venue dan ketersediaan akomodasi," ucap Puan.

Dia juga mendukung BIN, TNI dan Polri untuk menjaga keamanan di Provinsi Papua selama penyelenggaraan PON dan Peparnas. "Ketiga, DPR RI mendukung langkah yang dilakukan Kepala BIN dan TNI-Polri untuk menjamin keamanan di Provinsi Papua. Khususnya di kabupaten atau kota yang menjadi penyelenggara PON dan Peparnas pada tahun ini," paparnya.

PON dan Pepernas yang direncanakan berlangsung 20 Oktober-2 November merupakan langkah strategis menjaga NKRI melalui olahraga. "Kami berkomitmen bahwa sukses PON dan Peparnas di Papua menjadi salah satu yang strategis, dalam menjaga NKRI. Ini bukan sekadar sukses prestasi olahraga, tapi penyatuan atau penyeimbang antara wilayah barat dan timur," tukasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT