04 February 2020, 14:33 WIB

Tarif Baru Ojol Ditentukan Tiga Pekan lagi


Hilda Julaika | Ekonomi

TARIF baru ojek online (ojol) rencananya akan ditetapkan sekitar 2-3 pekan kedepan. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim akan mementingkan keseimbangan dari tiga pihak (aplikator, pengemudi serta penumpang)  dalam penentuan tarif.

Di lain sisi asosiasi pengemudi ojol Indonesia yang tergabung di Gabungan Roda Aksi Roda Dua (Garda), membenarkan rencana penetapan ojol yang masih memerlukan waktu hingga tiga pekan tersebut. Pembahasan yang alot mengenai tarif ini karena belum ditemukannya titik tengah untuk aplikator, pengemudi, dan penumpang.

Namun, hingga kini Ketua Presidium Garda Igun Wicaksana mengutarakan belum ada tanda-tanda dari Kemenhub untuk menggelar pertemuan. Pertemuan yang dimaksud melibatkan Kemenhub, aplikator, pengemudi, dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) secara bersamaan.

"Masih belum ada tanda-tanda mau ada pertemuan dari Kemenhub," ujar Igun, Selasa (4/2).

Sebagai informasi, Budi membenarkan Kemenhub masih belum menentukan penyesuaian tarif ojek online (ojol) yang baru. Pembahasan tarif ini masih berjalan alot. Menurut Budi penentuan tarif harus berdasarkan kesepakatan bersama antara operator, pengemudi, dan pengguna. (OL-2)

BERITA TERKAIT