04 February 2020, 12:30 WIB

Jokowi Minta Ada Mitigasi Bencana Wabah Penyakit


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo mengingatkan seluruh jajarannya bahwa bencana bukan hanya meliputi banjir, tanah longsor, kebakaran lahan, gempa bumi, tsunami dan musibah lain yang berhubungan dengan alam saja.

Wabah penyakit juga masuk ke kategori bencana. Maka dari itu, seluruh instansi terkait harus memiliki mitigasi dan skenario penanganan yang matang terkait wabah penyakit yang mungkin saja bisa muncul di masa mendatang.

"Kita bisa lihat virus korona. Ini adalah bencana nonalam. Hati-hati dengan ini. Kita harus punya skenario kalau itu terjadi. Tapi semoga tidak terjadi di negara kita," ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2020 di Sentul, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Baca juga: Jokowi Minta Skenario Penanganan Virus Korona

Pemerintah, lanjutnya, harus dalam posisi yang tepat dan memiliki reaksi yang cepat dalam mengambil setiap tindakan untuk menangani bencana.

"Dalam kasus di Wuhan, Kementerian Luar Negeri bersama Kementerian Kesehatan, BNPB, didukung Panglima TNI dan Kapolri, bisa mengevakuasi WNI dengan cepat. Diputuskan dengan cepat, dilaksanakan dengan cepat. Hal itu yang saya apresiasi," tutur Jokowi. (OL-1)

BERITA TERKAIT