04 February 2020, 12:15 WIB

Mitigasi Bencana Harus Dilakukan Bersama-sama


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh instansi di Tanah Air, termasuk pemerintah-pemerintah daerah, untuk bersinergi dalam upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana.

Jokowi melihat apa yang sudah dilakukan selama ini sudah cukup baik. Namun, itu masih bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

"Pengalaman kita menunjukkan banyak bencana yang bisa kita cegah, tapi sayangnya tidak berhasil kita cegah. Masih sering kita tergagap-gagap. Contoh, tanah longsor selalu terjadi. Di Jawa Barat banyak. Di Jawa Tengah banyak. Di Sumatra ada. Di Sulawesi ada. Jangan sampai semakin banyak terjadi," ujar Presiden Joko Widodo dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2020 di Sentul, Jawa Barat, Selasa (4/2).

Baca juga: Jokowi Minta Wilayah Rawan Bencana Ditanami Vetiver

Maka dari itu, kolaborasi untuk menyempurnakan manajemen pencegahan dan penanganan bencana harus dilakukan.

Pemerintah daerah bersama dinas-dinas terkait di tiap-tiap wilayah harus mulai melaksanakan pengendalian tata tuang berbasis pengurangan risiko bencana.

Wali kota, bupati, hingga gubernur juga mesti segera menyusun rencana kontijensi, menyiapkan sarana prasarana kesiapsiagaan untuk dapat mengantiaipasi atau menangani bencana secara tuntas.

"Yang terakhir, kepada Panglima TNI dan Kapolri, harus terus mendukung penanggulangan bencana terutama dari sisi penegakan hukum. Sinergi dengan pemerintah daerah dan BNPB," papar Jokowi. (OL-1)

BERITA TERKAIT