04 February 2020, 10:11 WIB

Jokowi Minta Skenario Penanganan Virus Korona


Nur Azizah | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo meminta jajarannya menyiapkan skenario penanganan virus korona. Ini untuk mengantisipasi virus tersebut tersebar di Indonesia.

"Ada bencana nonalam. Yang sekarang contohnya kita bisa lihat yang namanya virus korona. Hati-hati dengan ini. Kita harus punya skenario kalau itu terjadi. Tapi semoga tidak terjadi di negara kita," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sentul Internasional Convention Center, Bogor, Selasa (4/2).

Jokowi ingin jajarannya menyiapkan apa yang akan dilakukan, lokasi hingga langkah-langkah penanganannya. Jokowi mau semua bersiap agar tidak gagap.

Baca juga: DPR Berencana ke Natuna Lihat Kondisi WNI asal Tiongkok

"Kalau terjadi harus punya skenario apa, penyiapan apa, di mana, dikerjakan apa, step-step itu harus kita miliki. Karena kalau tidak kita akan gagap," ujar dia.

Di sisi lain, Jokowi mengapresiasi penanganan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan ke Natuna. Menurutnya, penanganan sudah dilakukan dengan cepat dan sigap.

"Reaksi dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan bersama BNPB yang didukung penuh Panglima TNI dan seluruh jajaran juga Kapolri dalam mengevakuasi WNI kita yang berada di Provinsi Hubei, Wuhan dibawa ke Tanah Air dalam kecepatan yang sangat cepat, diputus cepat, dilaksanakan juga sangat cepat. Hal seperti ini yang saya apresiasi," pungkas Jokowi.

Sore ini, Jokowi bakal menggelar rapat terbatas bersama sejumlah menteri untuk membahas penanganan virus korona. Rapat akan diadakan di Istana Negara di Bogor. (OL-1)

BERITA TERKAIT