04 February 2020, 10:10 WIB

Bagaimana Duduk Nyaman dan Sehat di Kantor?


Irana Shalindra | Weekend

Well, hal pertama dan terpenting, jangan duduk terlalu lama.

Menurut Matt Birtless, ahli ergonomis dari lembaga Inggris, Health and Safety Executive, Anda bisa saja mendapatkan kursi kantor yang sangat mahal, tetapi jika Anda mendudukinya dalam jangka waktu yang lama, lambat laun Anda akan tetap merasa tidak nyaman.

Ambil rehat secara teratur - setidaknya lima menit setiap jam- dan berdiri atau berjalan. Umpama, berjalan untuk menemui kolega Anda di lantai lain, alih-alih mengirim surel.

Jika Anda bekerja dari rumah, kursi dapur yang keras mungkin tidak sebagus kursi kantor, jadi istirahatlah lebih lama. Bersantai di kursi atau sofa akan mengurangi beban pada tubuh, tetapi Anda masih tetap perlu untuk bangun berdiri sesekali. Bergerak adalah kunci kesehatan otot-tulang yang baik.

Pahami cara kerja kursi kantor Anda. Untuk mendapatkan postur yang baik, ini adalah tentang menjadi rileks dan memiliki sebanyak mungkin permukaan tubuh Anda yang bersentuhan dengan kursi, seperti penyangga lumbar yang masuk tepat ke lekuk punggung Anda.

Mulailah dengan kaki Anda menapak dengan kuat di lantai atau pijakan kaki, dan sesuaikan ketinggiannya. Jika terlalu mudah untuk menyelipkan jari-jari tangan Anda di bawah paha Anda, kursi Anda terlalu rendah; jika terlalu sulit, kursi Anda terlalu tinggi.

Sandaran tangan tidak dimaksudkan untuk lengan Anda bersandar di atasnya, melainkan untuk membantu Anda masuk dan keluar dari kursi, jadi jangan khawatir tentang hal itu kecuali Anda memiliki masalah pada bahu. Tidak dapat dihindari bahwa saat duduk, punggung Anda lambat laun akan membungkuk - otot-otot kita lelah cukup cepat - tetapi jika kursi Anda diatur dengan benar, Anda tidak akan membungkuk terlalu jauh. Jika Anda merasakan punggung Anda membungkuk, berdirilah dan berjalan-jalan sejenak. (The Guardian/M-2)

BERITA TERKAIT