03 February 2020, 21:45 WIB

DRPD Jabar Dukung Gerakan Penghijauan Bantaran Sungai Citarum


Bayu Anggoro | Nusantara

KEBERADAAN pepohonan sangat diperlukan manusia. Kehadiran unsur alam ini dapat meningkatkan kualitas kehidupan, baik untuk kala ini, maupun masa depan.

Hal ini disampaikan anggota DPRD Jawa Barat Waras Wasisto saat menghadiri gerakan menanam pohon serentak di seluruh Indonesia yang diselenggarakan PDI Perjuangan, di bantaran sungai Citarum, Dusun Buniaga Seri, Tanjung Mekar, Karawang, Senin (3/2).

Baca juga: Partisipasi Masyarakat Untuk Citarum Harum Harus Ditingkatkan

Pada acara yang bertujuan melestarikan alam dan memastikan semangat perjuangan dalam mengedepankan politik lingkungan ini ditanam 750 pohon seperti lengkeng, duku, alpukat, dan sirsak.

Waras menjelaskan, pohon memiliki peranan penting dalam menjaga keseimbangan kehidupan. Berdasarkan penelitian, dalam setiap tahunnya satu pohon bisa menghasilkan sekitar 130 kg oksigen, serta mampu menyerap karbondioksida sebanyak 1 ton.

Fungsi itu sangat dibutuhkan untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, sehingga sangat membantu dalam menurunkan efek pemanasan global. "Pohon juga sangat dibutuhkan untuk membantu dalam mencegah bencana alam seperti longsor, banjir, dan kekeringan," kata Waras.

Lebih lanjut dia katakan, acara ini juga dilakukan sebagai kado ulang tahun ke-73 Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Sukarno Putri.  "Arah politik PDI Perjuangan sesuai hasil rakernas I kemarin mengenai 'Jalur Rempah'," katanya.

Melalui itu, dia berharap kejayaan agribisnis bisa kembali terulang seperti dahulu kala saat Indonesia menjadi kiblat dunia sebagai penghasil rempah-rempah terbaik. "Satu pesan saya adalah dengan menyayangi alam semesta, maka alam semesta juga akan menyayangi kita," katanya. (BY/A-1)

BERITA TERKAIT