03 February 2020, 19:42 WIB

Bareskrim Proses Laporan Terhadap Mendag


Tri Subarkah | Megapolitan

Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menyelidiki laporan yang dibuat oleh Yulius Isyudianto terhadap mantan rekan bisnisnya yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Asep Adisaputra menyebut penyidik telah melakukan penganggilan terhadap Yulius.

"Saat ini masih proses klarifikasi, baik teruadap terhadap pelapor, dan saksi, dan barang bukti yang diajukan," terang Asep di Mabes Polri, Senin (3/2).

Namun, Asep belum mau memberikan keterangan ihwal pemanggilan Agus terkait laporan yang dibuat pada Rabu (8/1) lalu. "Kita lihat saja nanti ya," singkatnya.

Terpisah, kuasa hukum Yulius, Husdi Herman mengatakan kliennya juga sudah dimintai keterangannya oleh penyidik. Selain itu, rekan Yulius yang lain, yakni Rafli Ananta Murad juga dimintai keterangannya sebagai saksi.

"Dari Pak Yulius sebagai pelapor dan Pak Rafli sebagai saksi minggu kemarin (Senin, 27/1) telah dimintai keterangannya oleh pihak penyidik dari Subdit 5 Dittipidum (Direktorat Tindak Pidana Umum) Bareksrim," ujar Husdi.

Diketahui, Yulius melaporkan Agus atas dugaan Tindak Pidana Penipuan/Perbuatan Curang sebagaimana yang termaktub dalam UU No 1 Tahun 1946 tentang KUHP, Pasal 378 KUHP, Penggelapan UU No 1 Tahun 1946 tentang KUHP, Pasal 372 KUHP.

Selain Agus, pihak terlapor dalam laporan Yulius yang bernomor LP/B/0016/2020BARESKRIM mencantum nama Juandy Tanumiharja dan Miming Leonardo. Yulius melaporkan Agus dan dua rekannya yang lain karena tidak kunjung mendapatkan uang Rp500 miliar yang telah dijanjikan Agus sebagai uang damai atas kasus yang terjadi pada 2014 lalu. (OL-8)

BERITA TERKAIT