03 February 2020, 16:55 WIB

Si Merah Keriting di Palu Naik Tiga Kali dalam Sebulan


M Taufan SP Bustan | Nusantara

HARGA cabai merah keriting di pasaran Palu, Sulawesi Tengah, terus mengalami penaikan. Kini harganya tembus Rp30 ribu per kilo gram. Salah satu pedagang Andi Robi mengatakan, kurun sebulan ini sudah tiga kali harga cabai jenis priyayi ini naik di pasaran. "Sebelumnya kan Rp15 ribu, kemudian naik Rp20 ribu. Sekarang naik lagi Rp30 ribu," terangnya saat ditemui di Pasar Tradisional Inpres Manonda Palu, Senin (3/2).

Menurut Andi, penaikan ini terjadi karena tingginya permintaan konsumen di pasaran. Bahkan konsumen yang datang bukan hanya dari dalam kota, melainkan banyak juga dari luar kota. "Kemarin ada pembeli dari Poso dan Banggai. Jadi memang harga naik ini karena tinggi sekali permintaan," imbuhnya. 

Pedagang lainnya, Aprisal menambahkan, penaikan harga bukan karena stok di tingkat pedagang, pengepul, dan petani berkurang. "Penaikan ini murni karena lagi tinggi-tingginya permintaan. Makanya pedagang juga kompak menaikan harga," tegasnya.

Aprisal melanjutkan, penaikan harga di tingkat pedagang sejalan dengan pengambilan di tingkat pengepul. "Di pengepul kami ambil per kilo juga sudah naak harganya, makanya biar tidak rugi harga jual di pasar juga kami naikkan. Kan tidak terlalu mahal juga," tandasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT