03 February 2020, 14:50 WIB

Bupati Pidie Galakkan Warga Gunakan Pupuk Organik


Amirudin Abdullah Reubee | Nusantara

BUPATI Pidie, Provinsi Aceh, Roni Ahmad, menggalakkan warganya agar menggunakan pupuk organik. Dia berharap petani, pemilik kebun dan pemilik tambak supaya tidak larut memakai pupuk serta pestisida berbahan kimiawi.

Untuk menyakinkan warga, Roni sekitar tiga tahun terakhir sudah lebih dulu melakukan uji coba pada kebun kakao dan lahan sawah miliknya. Ternyata kualitas hasil produksi panen buah kakao milik Roni di Kawasan Kecamatan Mila dan Kecamatan Batee, berhasil baik. Hasil baik menurutnya biji kakao tidak mengeras seperti terserang hama helopeltis dan tidak membusuk buah semacan digasak PBK (Penggerek Buah Kakao) yang mrusak batang.

Dalam pantauan Media Indonesia, di gudang rumahnya terdapat ratusan jeriken berbagai ukuran digunakan sebagai wadah penyimpanan bahan nabati yang sudah siap pakai tersebut. Sebagian di antaranya sudah berisi pupuk atau pestisida alami siap  pakai dan lainnya masih kosong.

"Bahan yang terbuat dari tumbuhan atau kotoran hewan itu bagus untuk meningkatkan unsur hara tanah serta jauh dari penyakit" tutur Roni Ahmad, saat melakukan sosialisasi, pada pekan lalu.

Upaya upaya Bupati Pidie yang akrab dipanggil Abu Syik itu mulai dirasakan warga setempat. Apalagi pupuk dan pestisida alami hasil racikannya itu banyak diberikan secara gratis kepada siapa saja yang ingin mencoba. "Saya sudah pernah mencoba, hasilnya lumayan bagus" tutur Hanafiah, tokoh adat tani di Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Minggu (2/2). (OL-12)

BERITA TERKAIT