03 February 2020, 14:55 WIB

Polisi Amankan Perampok Berprofesi Debt Collector


Cikwan Suwandi | Nusantara

SATUAN Unit Reskrim Polres Karawang, Jawa Barat membekuk satu kelompok debt kolektor. Kelompok yang berjumlah tiga orang tersebut telah melakukan 30 aksi kejahatan pecah kaca mobil.

"Mereka merupakan kelompok Maluku. Dan bekerja sebagai debt kolektor atau kita kenal sebagai mata elang. Aksinya ini sudah sangat meresahkan, sudah 30 kali mereka melakukan pecah kaca di Karawang dan Bekasi," ungkap Kepala Satreskrim Polres Karawang, AKÂ Bimantoro Kurniawan dalam konferensi pers di Mapolres, Senin (3/2).

Bimantoro menegaskan ketiga tersangka yakni IY, MS, dan IR ditangkap di tiga tempat berbeda.

"Ada yang kita tangkap di Karawang, Bekasi dan Subang," terangnya.

Ketiganya berperan beda-beda dan saling bergantian dalam melakukan aksi kejahatan. Dari seorang eksekutor pelaku pemecahan kaca dan melakukan pencurian serta seorang joki.

"Sementara tersangka berinisial RO, yang berperan sebagai penadah barang hasil curian ditangkap di Kota Bekasi," ucapnya.

baca juga: Barang Bukti Anakan Leopard Mati di Kebun Binatang Kasang Kulim

Menurut Bimantoro, para pelaku akan mengincar dengan memilih mobil yang terpakir. Mereka akan memastikan jika di dalam mobil tersebut ada sejumlah barang berharga.

"Hanya menggunakan sebuah palu pemecah kaca," katanya.

Tidak tanggung-tanggung, dari 30 aksinya, tersangka mengantongi uang sampai Rp46 juta,  masing-masing terdiri dari Rp26 juta pecahan rupiah dan 160 ribu yen. (OL-3)

BERITA TERKAIT