03 February 2020, 14:39 WIB

Cegah Banjir Jakarta, Sejumlah Danau di Jabar Dinormalisasi


Depi Gunawan | Nusantara

PANGDAM III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengungkapkan, pada tahun ini pihaknya akan menormalisasi sejumlah danau di wilayah Jawa Barat. Hal ini untuk mencegah banjir yang biasa menerjang Ibukota Jakarta.

"Jumlah danau di Jawa Barat ada sekitar 101 danau, yang baru kita normalisasi itu sekitar 5-6 danau," kata Nugroho, Senin (3/2).

Dia menerangkan, danau-danau yang lebarnya 5 hektare akan menyusut hanya tinggal 3 hektare ketika musim kemarau. Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah untuk mengeruk tanahnya agar bisa lebih banyak menampung air.

"Nanti digali lagi supaya bisa menampung banyak air sehingga air tidak semuanya langsung turun ke wilayah Jakarta. Minimal kalau di kita ada 101 danau, setelah dinormalisasi, danau-danau tersebut bisa menampung hingga 1,5 juta meter kubik air," jelasnya.

baca juga: Tim Gabungan Bersihkan Rumah Warga Korban Banjir Tapanuli Tengah

Dalam mendukung program Citarum Harum, Pangdam serta unsur Forkopimda Provinsi Jawa Barat lainnya telah melaksanakan rehabilitasi lahan berupa penanaman tanaman vetiver di Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Nugroho menerangkan, tanaman vetiver merupakan jenis tanaman yang diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah tanah longsor dan erosi.

"Tanaman vertiver yang ditanam di Sektor 6 sudah 1.5 tahun, jadi akarnya sudah kuat sedalam 3-5 meter. Lama-lama, akarnya lebih panjang hingga 8 meter sehingga tanaman ini baik sekali untuk menahan longsor," ungkapnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT