03 February 2020, 12:55 WIB

Wakil Ketua Majelis Syuro PKB Dipanggil KPK


M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum

PENYIDIK Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Wakil Ketua Dewan Majelis Syuro DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Gofur.  Pemanggilan tersebut untuk menggali informasi terkait kasus proyek di Kementerian PUPR 2016 silam.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka HA (Hong Artha)," kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru bicara Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri, Senin (3/2).

Selain Gofur, KPK juga turut memanggil karyawan swasta, Muhammad Bushairi, dalam kasus yang sama. Keduannya hadir dengan status sebagai saksi.

Sebelumnya, KPK telah memanggil Gofur pada Selasa (28/1) kemarin. Namun, Gofur tak memenuhi panggilan penyidik KPK. Diketahui, Hong Artha telah ditetapkan sebagai tersangka pada awal Juli 2018. Ia merupakan tersangka ke-12 dalam kasus suap di lingkungan Kementerian PUPR.

baca juga: PBNU: Gus Sholah, Pejuang Nilai Kemanusiaan dan Kebangsaan

Tersangka diduga memberikan suap kepada Kepala BPJN IX Maluku dan Maluku Utara, Amran Hi Mustary senilai Rp10,6 miliar. Selain itu, ia juga disebut memberikan suap kepada mantan anggota DPR RI 2014-2019 dari Fraksi PDIP, Damayanti Wisnu Putranti senilai Rp1 miliar. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT