03 February 2020, 12:39 WIB

Ratusan Rumah di Tolitoli Hangus Terbakar


Mitha Meinansi | Nusantara

KEBAKARAN besar melanda  Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Baolan, Kabupaten  Tolitoli, Sulawesi Tengah. Ratusan rumah ludes terbakar pada Minggu (2/2) malam sekitar pukul 22.30 Wita. Api baru berhasil dipadamkan Senin (3/2) dini hari sekitar pukul 03.15 Wita. Dalam peristiwa tersebut, satu orang meninggal dunia karena terperangkap di dalam rumah.

"Ya benar bahwa dari data terakhir yang kami peroleh pagi tadi, ada 385 permukiman warga terbakar. Dan satu orang atas nama Saleh berusia 50 tahun meninggal dunia," ujar Kapolres Tolitoli, AKBP Hendro Purwoko saat dikonfirmasi, Senin (3/2).

Ada 385 keluarga kehilangan rumah akibat kebakaran hebat.

"Api sangat cepat merembet ke permukiman warga lainnya, dikarenakan sebagian besar rumah warga yang tinggal di daerah tersebut terbuat dari bahan kayu. Dan didukung  kencangnya angin laut. Lokasinya tidak jauh dari pelabuhan," tambah Hendro.

Tim Inafis Polres Tolitoli sudah dikerahkan untuk melakukan identifikasi di lokasi kejadian, sebagai salah satu upaya untuk mencari tahu penyebab kebakaran.

baca juga: Mencari Solusi Masalah Masyarakat Lewat Cianjur Ngawangun Lembur

"Warga mengungsi sementara di sekitaran TKP, dan ditampung di masjid dan  aula ruang tunggu pelabuhan serta Mako TNI Angkatan Laut yang berdekatan dengan TKP," tutur Kabag Ops Polres Tolitoli, Kompol Margianta.

Menurutnya, saat ini pihaknya bersama TNI dan instansi terkait lainnya akan mendirikan tenda-tenda darurat untuk menampung para pengungsi korban kebakaran. (OL-3)

BERITA TERKAIT