03 February 2020, 08:53 WIB

BMKG Prediksi Hujan Deras Hingga Tiga Hari ke Depan di JakartaJak


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan adanya peningkatan curah hujan di beberapa wilayah termasuk ibu kota hingga tiga hari ke depan. Kabag Humas BMKG Taufan Maulana mengatakan kemungkinan meningkatnya curah hujan dimulai besok terutama di bagian selatan Jakarta. Ia pun meminta agar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI dan semua pihak terkait mewaspadai peningkatan curah hujan tersebut.

"Besok ada potensi yang cukup signifikan di bagian selatan. Kiranya bisa mewaspadai dampak-dampak yang bisa terjadi," kata Taufan di Jakarta, Minggu (2/2).

Taufan menyebut peningkatan curah hujan ini diakibatkan adanya daerah pertemuan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia Barat Sumatera dan Laut Flores hingga Laut Arafuru, labilitas lokal kuat yang berinteraksi dengan faktor topografi yang kompleks (pantai, pegunungan, perbukitan, dan lainnya), yang kemudian mendukung proses konvektif pada skala lokal terutama di pesisir barat Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, NTB, NTT, Papua Barat, dan Papua.

baca juga: Saat Evakuasi tidak Ada Baju Khusus, hanya Masker

Taufan juga menyebut terdapat Gelombang Rossby Ekuator di perairan utara Maluku Utara dan perairan selatan Papua yang memberikan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut. Sementara di Jakarta, hujan diprediksi turun di pagi, siang, dan dini hari di beberapa wilayah pada Senin (3/2).

"Hujan lokal di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, hujan sedang di Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat, hujan disertai kilat/petir di Kepulauan Seribu," pungkasnya.(OL-3)

 

BERITA TERKAIT