02 February 2020, 22:03 WIB

Pemerintah Jamin Kebutuhan Anggaran Pelatnas Olimpiade


Akmal Fauzi | Olahraga

PEMERINTAH menjamin kebutuhan pembinaan dan pemusatan latihan nasional (pelatnas) 2020 khususnya ke cabang olahraga yang berlaga di Olimpiade Tokyo.

Meskipun anggaran pelatnas turun 50% dari tahun sebelumnya menjadi Rp250 miliar, Ketua Kontingen (CdM) Olimpiade 2020, Rosan Roeslani mengatakan, pemerintah tetap menjamin semua kebutuhan atlet yang berlaga di Tokyo pada Juli 2020 terpenuhi.

"Pemerintah akan menanggung semua biaya," kata Rosan saat dihubungi, Minggu (2/2).

 

Baca juga: Rebut Australia Terbuka, Djokovic Geser Nadal

 

Saat disinggung apakah cabang diminta untuk berinisiatif mencari sponsor untuk kebutuhan atlet, Rosan menegaskan pemerintah yang akan menanggung keseluruhannya.

Saat ini pihaknya telah menyerahkan rancangan anggaran yang dibutuhkan untuk Olimpiade ke National Olympic Committe of Indonesia (NOC).

"Kebutuhannya apa saja sudah kami berikan ke KOI (NOC) dan mereka yang akan menyusun anggarannya dan menyerahkan ke Kemenpora dan KOI yang tau angkanya," jelas Rosan.

Sementara itu, Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto mengatakan, meskipun berkurang dari tahun sebelumnya, anggaran pelatnas diprioritaskan untuk cabang yang akan berlaga di Olimpiade 2020.

"Kami akan prioritaskan cabang yang berlaga di Olimpiade. Saat ini kami sedang menyusun MoU dengan cabor yang sudah menyerahkan proposal," kata Gatot.

Sejauh ini, baru 10 cabang yang telah mengajukan proposal anggaran pelatnas 2020.

"Dari cabang masih melihat dulu berapa atlet yang akan dikirim ke Olimpiade dan itu nanti bisa disesuaikan," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT