02 February 2020, 20:40 WIB

Juarai Esport Piala Presiden 2020, Aby Kantongi Rp125 juta


Mediaindonesia.com | Olahraga

ATLET esport Jakarta Aby Ramadhan tampil sebagai juara turnamen MPL di Piala Presiden Esports 2020.  Aby tampil sebagai kampiun setelah mengalahkan lawannya, Moh Miftakhul Fajar di grand final yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Minggu (2/2).

CEO Mobile Premier League (MPL) Indonesia, Joe Wadakethalakal mengucapkan selamat atas kebersilan Aby di turnamen yang merupakan kolaborasi Indonesia Esports Premier Leagus (IESPL), Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Menurut dia, Aby bukan  telah mengalahkan lawan-lawannya, melainkan juga dirinya sendiri.

Baca juga: Animo Penonton di Piala Presiden Esport 2020 Meningkat

 “Setelah beberapa bulan melalui babak kualifikasi dan sehari penuh mengikuti babak grand final di ICE BSD Tangerang Selatan, kami menyerahkan gelar juara Turnamen MPL di Piala Presiden Esports 2020 kepada Aby Ramadhan. Kami mengucapkan selamat kepada semua peserta yang berhasil masuk ke babak grand final serta telah menunjukkan kemudahan, kesenangan dan ketangkasan bermain dalam game Fruit Dart MPL kepada komunitas esports,” jelas Joe.
 
Aby Ramadhan terpilih menjadi juara setelah berkompetisi dengan 31 finalis lainnya. Pada partai puncak Aby Ramadhan memenangi pertandingan dengan skor kemenangan 3-1 melawan Moh. Miftakhul Fajar sehingga berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 125 juta.
 
“Ini merupakan pengalaman tidak terlupakan bagi saya untuk menjadi juara Turnamen MPL di Piala Presiden Esports 2020," ujar Aby.

"Saya harap kemenangan ini akan memperbaiki kemampuan saya sebagai gamer dan juga atlet esports. Bagi MPL sendiri, saya berharap ke depan akan lebih sering mengadakan turnamen offline seperti ini serta menghadirkan kompetisi esports yang lebih baik,” lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 71 Rawasari, Jakarta Pusat itu.
 
Turnamen MPL di ajang Piala Presiden Esports 2020 dibuka pada November 2019. Tercatat lebih dari 50.000 peserta ambil bagian. Alhasil itu menjadi turnamen gim perorangan dengan jumlah pendaftar terbanyak di Indonesia.
 
Ada tiga tahap seleksi pada Turnamen MPL di Piala Presiden Esports 2020. Seleksi tahap pertama dilakukan pada aplikasi MPL yang bernama Turnamen Seleksi Piala Presiden 2020. Pada babak pertama, MPL mencari 128 pemain dengan skor tetringgi untuk maju ke babak Regional Final yang dibagi menjadi dua wilayah, yaitu Regional Timur dan Regional Barat.
 
Di babak Regional Final, sebanyak 32 finalis berkompetisi di Surabaya (Regional Timur) pada 11 Januari 2020 dan 36 finalis bertanding di Bandung (West Region) pada 18 Januari 2020. Babak kualifikasi ini menggunakan format 1 lawan 1 dengan sistem gugur dan tiga terbaik. Sebanyak 32 finalis dengan skor tertinggi dari Regional Timur dan Barat terpilih untuk berpartisipasi di Grand Final.
 
Joe menambahkan bahwa MPL sebagai salah satu mitra penyelenggara Piala Presiden Esports 2020 ingin memperkenalkan gim kompetitif yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia dan diterima di semua segmen. MPL sebagai platform esport mobile berbasis keterampilan terbesar di Asia Tenggara menawarkan berbagai jenis gim arcade kompetitif yang dapat dimainkan secara perorangan sehingga memperkaya industri esports di Indonesia.
 
“Kami menjadi mitra penyelenggara Turnamen MPL di Piala Presiden Esport 2020 untuk menghubungkan atlet, gamer dan para penggemar esports untuk mendapatkan performa tertinggi. Menyaksikan para finalis berkompetisi melalui babak perempat final, semifinal dan permainan terbaik dari dua finalis di final telah menginspirasi kami untuk meningkatkan performa game dan bekerja lebih keras menciptakan, berinovasi dan menghadirkan pengalaman esport dan bermain game yang lebih baik,” pungkas Joe. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT