02 February 2020, 09:20 WIB

Asosiasi Jurnalis Video Dideklarasikan di Jakarta


mediaindonesia.com | Humaniora

JURNALIS, akademisi, aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan kalangan profesional mendeklarasikan berdirinya Asosiasi Jurnalis Video (AJV), di Jakarta, Minggu (2/2).

Peluncuran organisasi ini terbilang unik, yaitu melalui mengunggah situs mereka jurnalisvideo.id pada pukul 02:20:20, 02-02-2020. Asosiasi tersebut menghimpun orang-orang yang mengerjakan karya jurnalistiknya menggunakan video (audio-visual).

“Siapa saja yang mengerjakan pekerjaan jurnalistik menggunakan video bisa menjadi anggota AJV. Baik wartawan yang organik bekerja di perusahaan media seperti stasiun televisi maupun online, atau mereka yang sehari-hari secara mandiri memproduksi berita video di media sosial,” kata Didik Supriyanto, salah seorang pendiri dan deklarator.

Melalui website-nya, dijelaskan tujuan AJV ialah mendorong kebebasan jurnalis menghasilkan karya yang lebih bermanfaat, terlindungi dengan baik, dan sublimasi media massa baru dalam bentuk media sosial, serta jurnalisme berkeadilan.

Kegiatan utama AJV meliputi pengkajian dan upaya penyempurnaan kebijakan di bidang jurnalistik, perlindungan hukum dan advokasi, serta pengembangan profesi jurnalis dan media massa baru.

Dalam waktu singkat, AJV bekerja sama dengan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) dan Yayasan Kehati menyelenggarakan pelatihan jurnalistik video yang adil untuk lingkungan di beberapa provinsi. (OL-09)

BERITA TERKAIT