02 February 2020, 11:15 WIB

Filipina Keluarkan Larangan Kedatangan dari Tiongkok


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PRESIDEN Filipina Rodrigo Duterte memerintahkan larangan perjalanan bagi semua pengunjung dari Tiongkok, termasuk Hong Kong tanpa memandang kewarganegaraan.

Filipina mengeluarkan larangan perjalanan sementara dari Tiongkok, termasuk Hong Kong dan Makau untuk mengekang penyebaran virus korona baru yang telah merenggut lebih dari 300 nyawa.

Langkah-langkah yang disetujui Presiden Duterte akan berlaku untuk semua pelancong dari Tiongkok tanpa memandang kebangsaan.

Pengumuman itu disampaikan oleh Senator Christopher ‘Bong’ Go, mantan ajudan dekat Duterte, dalam sebuah wawancara yang disiarkan di GMA News TV, Minggu (2/2).

"Mempertimbangkan keprihatinan yang disuarakan oleh pejabat pemerintah dan pakar kesehatan, presiden membuat keputusan dan setuju untuk mengadopsi rekomendasi ini dan segera menerapkannya sebagai tindakan pencegahan tambahan untuk melindungi rakyat Filipina," kata sang senator.

Baca juga: Virus Korona, Pesawat Penjemput WNI Sudah Tiba di Wuhan

Warga Filipina dari Tiongkok harus menjalani masa karantina selama 14 hari setelah tiba di Filipina dan kemungkinan berdampak pada puluhan ribu pekerja rumah tangga di Hong Kong.

Dalam upaya pencegahan, sejauh ini otoritas telah menempatkan pemindai termal untuk memeriksa kedatangan penumpang di bandara internasional Manila. (South China Morning Post/OL-5)

BERITA TERKAIT