01 February 2020, 21:41 WIB

Panggil Menkes, DPR Ingin Perkuat Koordinasi Tangani Virus Korona


Ferdian Ananda Majni | Humaniora

PENANGANAN penyebaran virus korona baru (2019-nCOV) oleh Kementerian Kesehatan dinilai masih bersifat parsial, padahal penanganan secara komprehensif diperlukan untuk menangani penyebaran virus yang berawal dari Wuhan, Tiongkok itu.

Anggota Komisi IX DPR RI Kuniaasih Mufidayati mengatakan, pihaknya pun akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, awal pekan depan, untuk berkoordinasi soal penganangan penyebaran virus korona.

"Banyak hal yang kami belum tahu Karenanya kita akan membahas bersama Kemenkes," katanya kepada Media Indonesia, Sabtu (1/2).

Baca juga : Virus Korona, Pesawat Penjemput WNI Sudah Tiba di Wuhan

Kurniasih melihat pedoman kesiagaan yang diterbitkan Kemenkes seharusnya tidak hanya menyangkut aspek medis saja. faktanya, dalam proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok, Kementerian Luar Negeri dan TNI ikut terlibat.

Di sisi lain, kesiapan di Indonesia menyambut WNI yang dievakuasi dari Wuhan juga perlu dikoordinasikan dengan pemerintah daerah, terutama Pemerintah kabupaten Natuna, kepulauan Riau. Natuna akan jadi lokasi karantina WNI dari Wuhan selama 14 hari setelah mendarat di Indonesia.

"Selain WNI, para tim penjemput harus menjalani observasi juga Artinya SOP harus diberlakukan sama bagi siapapun yang ikut dalam rombongan pesawat dari Wuhan menuju Indonesia," ujarnya. (OL-7)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT