02 February 2020, 01:30 WIB

Lola Amaria: Undangan Khusus Hadiri Festival Film Kazan


RO/H-2 | Hiburan

AKTRIS dan juga sutradara film Lima (2018), Lola Amaria, 42, diundang secara khusus untuk menghadiri Kazan International Muslim Film Festival di Kazan, Republik Tatarstan, pada September 2020 mendatang. Festival tahunan ini akan diikuti lebih dari 500 film dari 50 negara di dunia.

“Suatu kehormatan bagi kami bisa memperkenalkan Indonesia kepada warga Rusia melalui karya kami, terlebih lagi dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Rusia,” ujar Lola dalam rilisnya, pekan lalu.

Lima sempat diputar di Cinema Mir di Kazan dan Moskow, dihadiri Lola bersama dengan Baskara Mahendra, salah satu pemain dalam film tersebut. “Di luar dugaan penonton membludak, bahkan ada yang tidak kebagian kursi dan berdiri di belakang,” ujar Lola di akun Instagramnya.

Film Lima yang terinspirasi dari lima sila dalam Pancasila, bergenre drama realistis alias berdasarkan kisah nyata. Ada pesan pluralisme, toleransi, dan perenialisme di dalamnya. Hingga saat ini, Lima sudah diputar di 21 kota di 12 negara, termasuk Rusia.

Menteri Kebudayaan Republik Tatarstan, Federasi Rusia, Irada Ayupova, mengatakan film Lima besutan Lola Amaria senapas dengan misi festival film Kazan yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan empati. (RO/H-2)

BERITA TERKAIT