01 February 2020, 21:20 WIB

Komik Gundala Versi Bahasa Inggris Hadir di Indonesia


Fery wuryasti | Weekend

BUMILANGIT Entertainment bersama Shogakukan Asia, meluncurkan komik Gundala “Destiny” the Official Movie Adaptation English Edition, untuk pasar Indonesia.

Sebelumnya, komik versi bahasa Inggris ini telah dipasarkan di toko buku di Malaysia, Singapura, dan Brunei pada Desember 2019, serta akan menyusul negara-negara lain di Asia Tenggara.

Di Indonesia sendiri, komik ini dalam bahasa Indonesia berjudul Gundala-Takdir, yang telah mencapai cetakan keempat di pasar dalam negeri.

Komik ini merupakan kerja sama strategis antara Bumilangit dan Shogakukan Asia. Gundala “Destiny” the Official Movie Adaptation English Edition, dibuat untuk menghubungkan cerita-cerita yang telah muncul dalam film Gundala.

"Hadirnya komik Gundala versi bahasa Inggris ini untuk merambah pembaca baru di kawasan Asia Tenggara dan publik internasional,” ungkap Bismarka Kurniswan, Founder dan CEO Bumilangit, di Jakarta, Sabtu (1/2).

Komik ini ditulis oleh Oyasujiwo berdasarkan naskah film karya Joko Anwar, digambar oleh Ardian Syaf, Ecky, dan Doni Cahyono.

Komik ini menggali lebih dalam cerita dan latar belakang perjalanan Sancaka, Pengkor, dan para yatim. Dalam film, latar belakang dari tokoh-tokoh ini tidak dijelaskan. Oleh karena itu, komik ini ditulis agar para pembacanya dapat menghubungkan cerita yang telah mereka saksikan dalam film Gundala dengan potongan cerita tambahan baru di dalam komik.

Abimana Aryasatya, aktor yang memerankan Gundala dalam film, menginginkan agar komik Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri. "Setahu saya penjualan komik Gundala nomor dua terbaik sekarang di toko buku," ujar Abimana. (M-4)

BERITA TERKAIT