01 February 2020, 20:58 WIB

Virus Korona, Pesawat Penjemput WNI Sudah Tiba di Wuhan


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

PESAWAT komersil yang menjemput 250 Warga Negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok, telah mendarat. Kedatangan pesawat disebut sesuai dengan jadwal.

''Sudah mendarat di (Bandara) Tianhe, Wuhan pukul 19.00 waktu setempat,'' kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro saat dikonfirmasi, Sabtu (1/2).

Danang menyebut perjalanan pesawat tipe Airbus A330 itu nonstop alias tanpa transit. ''Jadi sesuai jadwal kedatangan,'' ujar Danang.

Sebanyak 250 warga negara Indonesia bakal dievakuasi dari Wuhan, Tiongkok.

Pemulangan WNI dari area terinfeksi virus korona itu menggunakan pesawat komersil yang diterbangkan Sabtu, (1/2).

"Jumlah WNI yang akan kembali dengan tim penjemput 245 orang, plus lima
orang tim kita di lapangan sejak kemarin," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2).

Pesawat lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 13.00 WIB tadi. Rencananya, seluruh WNI yang dijemput bakal transit lebih dulu ke Natuna untuk pemeriksaan kesehatan.

Keputusan mengevakuasi WNI diambil usai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus korona masuk dalam status darurat global. Per 1 Februari 2020, 259 orang dinyatakan meninggal akibat virus korona. Sedangkan total kasus mencapai 11.791 di seantero Negeri Tirai Bambu. (OL-2)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT