02 February 2020, 00:40 WIB

Kegemilangan 50 Tahun dalam Hangatnya Pesta Kopi


SUMARYANTO BRONTO | Weekend

BERBAGAI varian kopi dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia, tersaji di pelataran kantor Media Group, Kedoya, Jakarta, sepekan kemarin. Inilah Festival Kopi menjadi rangkaian perayaan HUT ke-50 Media Indonesia yang jatuh 19 Januari lalu.

Dengan dibuka oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Festival Kopi yang ketiga kali ini semakin meriah karena diikuti 52 tenant kopi yang membawa berbagai varian kopi dari seluruh Nusantara, termasuk dengan racikan terkininya.

Namun, bukan sekadar menjadi gelaran untuk menikmati kopi, festival itu pula mengemas kehangatan dari keluarga besar Media Indonesia ataupun semangat untuk terus maju dan peka zaman. Hal ini terlihat dari rangkaian diskusi yang membahas tantangan bangsa terkini hingga diskusi yang sekaligus menonjolkan kreativitas generasi belia kita.

Pun tidak ketinggalan diskusi mengenai industri kopi Indonesia itu sendiri bersama Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kamar Dagang Indonesia. Selain membuka peluang baru dalam rantai bisnis, kegiatan Festival Kopi juga terkait edukasi bagi para pelaku, termasuk pedagang dan para petani kopi.

Sejurus dengan komitmen Media Group dalam kepedulian lingkungan, seluruh rangkaian perayaan HUT itu dijalankan dengan upaya minim limbah plastik. Para tenant yang diharuskan menggunakan kemasan nonplastik. Sementara itu, pe­ngunjung pun didorong membawa gelas kopi sendiri. Upaya itu menjadi salah satu rangkaian Media Group menuju zero waste.

Tidak hanya menghadirkan  stan-stan kopi yang beragam, Festival Kopi Media Indonesia tahun ini menampilan musikus Kunto Aji yang menjadi pemungkas pembukaan festival yang jatuh Senin (27/1). Pada hari kedua, Menteri BUMN Erick Thohir memberikan kuliah umum yang memaparkan beberapa langkah yang akan dilakukan BUMN selama 2020. Kemudian digelar pula diskusi bersama para vlogger cilik pemenang lomba Vlog Anak Media Indonesia, diskusi Zero Waste Lifestyle yang turut menghadirkan Puteri Indonesia Lingkungan 2019, hingga diskusi film bersama sutradara Riri Riza. Kemeriahan perayaan itu kemudian ditutup dengan penampilan musisi Narpati Awangga (@oomleo) yang membuat para karyawan ikut larut berjoget. (M-1)

BERITA TERKAIT