01 February 2020, 16:18 WIB

WNI dari Wuhan Akan Jalani Observasi Standar WHO


Despian Nurhidayat | Internasional

KEMENTERIAN Kesehatan mengatakan, hanya warga negara Indonesia (WNI) yang berstatus sehat saja yang di evakuasi dari Wuhan, Tiongkok, tempat penyebaran utama virus korona baru (2019-nCOV). Status sehat itu didapat dari screening dan clearing sebelum diterbangkan ke tanah air.

Setelah sampai di Indonesia, kata Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, WNI yang dievakuasi dari Wuhan akan menjalani transit observasi yang sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Nanti akan dilakukan transit observasi berdasarkan protokol WHO. Itu membutuhkan kedisiplinan. Karena protokol transit observasi ini mengobservasi orang yang sehat, bukan orang yang sakit," ungkap Terawan saat ditemui di Terminal A Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2).

Baca juga : 250 WNI akan Dipulangkan dari Tiongkok

"Karena itu protokol yang diberikan ya harus dijalankan dengan disiplin oleh semua pihak dan kami akan terus memantau," lanjutnya.

Terawan optimisti WNI yang dibawa pulang dari Wuhanberada dalam kondisi yang sehat. Dia pun meminta doa restu dari masyarakat agar misi kemanusiaan ini bisa berjalan dengan lancar.

"Saya yakin doa restu dari seluruh warga negara kita akan terus mengalir. Semoga semuanya sehat dan kembali dengan selamat," pungkas Terawan. (OL-7)

BERITA TERKAIT