01 February 2020, 13:55 WIB

Ini Alasan Batik Air Dipilih untuk Evakuasi WNI di Wuhan


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

PEMERINTAH melalui Batik Air menjemput 250 warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok. Batik Air dipilih lantaran dinilai paling siap.

"Operator yang ke sana (Wuhan) cuma dua, Lion Group dan Sriwijaya. Yang punya pesawat besar kan Lion, jadi kerja sama," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (1/2).

Novie mengaku belum tahu berapa lama Batik Air berada di Wuhan sebelum kembali ke Indonesia. Namun, dia berharap Batik Air yang dimandatkan menjemput WNI bisa melakukan tugas dengan baik.

Baca juga: WNI yang Dievakuasi dari Wuhan Dipastikan Sehat

Sementara itu, Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait mengungkapkan pesawat jenis Airbus A330 itu dijadwalkan berangkat pukul 13.00 WIB. Perjalanan ke Wuhan diprediksi enam jam.

Edward mengungkapkan kapasitas Batik Air yang berangkat sebanyak 392 orang. Dia memastikan kru pesawat siap secara mental.

Selain itu, lanjut Edward, izin rute penerbangan ke Wuhan sudah rampung. Apalagi, pihak Kementerian Perhubungan telah memeriksa kondisi pesawat.

"Artinya normal dan terbang biasa. Tidak ada keadaan yang lain-lain," ucap Edward. (OL-1)

BERITA TERKAIT