01 February 2020, 10:25 WIB

Komisi VIII DPR Apresiasi Pemerintah Tangani Bencana di Bogor


mediaiindonesia.com | Humaniora

WAKIL Ketua Komisi VIII DPR RI, Ichsan Yunus mengapresiasi pemerintah yang secara cepat menangani bencana di Kabupaten Bogor yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Yang pertama yang harus segera kita atasi adalah korbannya dulu, tadi teman-teman, ada pak bupati, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dari Kementerian Sosial (Kemensos) juga sudah sangat luar biasa turut andilnya, walaupun tidak mungkin semuanya bisa kita recovery secara cepat karena memang dananya terbatas tapi tadi saya lihat sudah sangat maksimal," ungkap Ichsan di Bogor (31/1) ketika memimpin kunjungan spesifik bersama 13 anggota Komisi VIII DPR RI.

:Lebi lanjut Ichsan mengatakan, pembangunan rumah-rumah yang rusak juga akan segera dibangun dan ada sekitar 4.000-an rumah dan juga bantuan-bantuan terus mengalir.

"Kemudian yang tidak kalah penting adalah bagaimana kita menyikapi bencana alam ini sendiri dalam waktu panjang, artinya mitigasi, kesiapsiagaan kita dalam menyikapi ini jangan sampai terjadi sampai separah ini lagi sehingga tadi sudah dicanangkan program untuk menanam vetiver, pohon-pohon vetiver untuk menahan longsor dan banjir", ungkap Wakil Ketua Komis VIII DPR di hadapan Wartawan

Rombongan Komisi VIII DPR RI melaksanakan kunjungan spesifik ke Kabupaten Bogor dalam rangka pengawasan penanganan dan penanggulangan bencana. 

"Jadi kami dari komisi VIII DPR merasa sangat perlu untuk memgunjungi Kabupaten Bogor, walaupun notabene di Komisi VIII tidak ada yang dapilnya di Kabupaten Bogor", kata Ichsan.

"Tapi kami merasa karena mitra kami adalah Kementerian Sosial dan BNPB, ketika ada bencana semua daerah akan kami kunjungi kalau misalnya waktu dan tempatnya memungkinkan", ujar politikusi PDIP.

Setibanya di Kantor Bupati, rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ichsan Yunus disambut Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan dan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Rachmat Koesnadi.

Kunjungan diawali dengan penjelasan Wakil Bupati terkait upaya yang telah dilakukan pemerintah daerah bersama pemerintah pusat dalam penanganan bencana yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Berbagai upaya telah kami lakukan untuk membantu masyarakat yang terkena bencana, baik pemenuhan kebutuhan makan sampai tempat tinggal sementara", ujar Iwan.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI juga menyampaikan maksud dari kunjungannya untuk memperoleh berbagai masukan dari Pemda Kabupaten Bogor.

"Kunjungan kami ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi dan masukan tentang kebijakan dan permasalahan mengenai aspek kesiapsiagaan dan penanganan bencana sehingga dapat diperoleh solusi yang tepat sesuai dengan permasalahan yang dihadapi", ungkap Ichsan.

Turut hadir juga 13 anggota Komisi VIII DPR RI yaitu I Komang Koheri, Diah Pitaloka, Rachmat Hidayat, Muhammad Rahul, Zainudin Arifin, Delmeria, Muhammad Rapsel Ali, An'nim Falachuddin Mahrus, Achmad, Wastam, Nur Azizah Tamhid, MHD. Alsi Chaidir, dan Muslich Zainal Abidin. Hadir juga Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi BNPB Yolak, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Rustandi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bogor Yani Hasan dan para Camat yang wilayahnya terdampak bencana.

Pada Kesempatan tersebut Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan bencana banjir dan tanah longsor senilai Rp3,2 miliar melalui BNPB dan bantuan logistik dari Kemensos kepada Wakil Bupati Bogor senilai Rp221 juta. (OL-09)
 

BERITA TERKAIT