01 February 2020, 07:45 WIB

Nyatakan Darurat Kesehatan, AS Larang Kedatangan Turis Tiongkok


Basuki Eka Purnama | Internasional

AMERIKA Serikat (AS), Jumat (31/1), mendeklarasikan daurat kesehatan publik dan untuk sementara melarang warga asing yang melakukan perjalanan dari Tiongkok masuk ke 'Negeri Paman Sam' itu selama dua pekan ke depan.

Pembatasan baru itu juga akan diberlakukan bagi warga negara AS. Warga AS yang tiba dari Provinsi Hubei, pusat penyebaran virus korona, akan ditempatkan di fasilitas karantina selama 14 hari.

Adapun warga AS yang tiba dari wilayah lain di Tiongkok akan diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan di bandara dan kemudian dikarantina terkendali di kediaman mereka masing-masing.

Baca juga: Korban Tewas Akibat Virus Korona Kini 258 Orang

"Saya, hari ini, mendeklarasikan virus korona menyebabkan darurat kesehatan di Amerika Serikat," ujar Menteri Kesehatan AS Alex Azar sembari menambahkan aturan baru itu akan berlaku pada Minggu (2/2) pukul 17.00 waktu setempat.

"Warga asing yang tidak memiliki hubungan keluarga dengan warga AS yang telah melakukan perjalanan ke Tiongkok dalam tempo 14 hari terakhir tidak akan diizinkan masuk ke AS untuk sementara waktu," tegasnya.

Saat ini, sudah ada enam kasus virus korona di Amerika Serikat. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT